Internet

Bagikan ke Teman! :




Internet ? Apa sih itu Internet ?



Menurut situs wikipedia Internet singkatan dari (interconnection-networking) yaitu sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia. Adapun standar yang digunakan disebut Internet Protocol Suite (TCP/IP). Komputer yang terhubung ke internet dapat melakukan aktifitas pertukaran data dengan cepat.


SEJARAH INTERNET 

Internet pertama kali muncul di Amerika Serikat yang di gagas oleh Departemen Pertahanan pada tahun 1969, melalui proyek ARPA disebut juga ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek tersebut mereka menunjukan bahwa dengan menggunakan perangkat hardware dan software berbasis UNIX, komunikasi bisa dilakukan dengan jarak yang tak terbatas melalui saluran telepon.



Dalam proyek ARPANET terbentuklah cikal bakal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) seperti sekarang ini. Mereka merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar.  Pada masa itu Internet di tujukan untuk kepentingan militer, namun seiring berjalanya waktu Internet pun berkembang untuk pendidikan dan umum.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.


Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.  


Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name Server. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.  


Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun sesudahnya
pengguna kembali melonjak 10 kali lipat sekitar 100.000 pengguna terhubung.

Pada tahun 1990 bisa di anggap tahun yang paling bersejarah dalam dunia internet, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.



Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket menjadi jutaan bahkan sampai saat ini hampir seluruh dunia terhubung ke internet
.

PERKEMBANGAN INTERNET


Dalam sejarah perkembangan internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan sesifikasi tekhnikal ( protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian ). Protokol – protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force ( IETF ), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC ( Request For Comments ). Sejarah perkembangan internet merupakan sebagian dari RFC dijadikan standar internet ( Internet Standard ), oleh badan Arsitektur Internet ( Internet Architecture Board – IAB ). 


Protokol – protokol internet yang sering digunakan adalah seperti IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email / surat elektronik, usenet, Newsgroup, berbagi berkas ( file sharing ), WWW ( World Wide Web ), Gopher, akses sesi ( Session Access ), WAIS, Finger, IRC, MUD, dan MUSH. Diantara semua ini, email / surat eletronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti Milis ( Mailing List ) dan Weblog. Sejarah perkembangan internet memungkinkan adanya servis terkini ( Real – Time Service ), seperti Web Radio, dan Webcast, yang dapat diakses diseluruh dunia.


Selain itu melalui sejarah perkembangan internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin ( Gaim ), Trilian, Kopete, Yahoo Messenger, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Twitter dan lain sebagainya. Beberapa servis internet populer yang berdasarkan sistem tertutup ( Proprietary System ), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Dan berikut ini prediksi perkembangan teknologi komunikasi 10 tahun mendatang yang saya dapatkan dari situs om SURYADEN.


Teknologi mengubah perilaku dan kebiasaan manusia 

Diakui bahwa teknologi informasi dalam penggunaannya mampu mengubah perilaku secara pribadi maupun secara sosial karena kecepatan, kemudahan dan aksesibilitas. Secara positif semuanya mendukung kehidupan manusia, membuat jarak yang jauh menjadi dekat. Memberikan dukungan moril konsultatif kepada pelakunya meski secara nyata jarak tersebut tidak berubah. @bababdito mengajak untuk mengetahui apa yang akan terjadi dengan konvergensi dan evolusi teknologi komunikasi 10 tahun mendatang. Karena dengan Teknologi 4G semua perangkat akan berubah, koneksi wireless pada banyak perangkat, seperti komputer, smartphone, dan peralatan media semua bisa menggunakan dan tersambung.
 

Teknologi Komunikasi 4G Long Term Evolution 

LTE – Long term evolution ini akan berumur panjang dan dapat mewadahi bermacam devices, sehingga akan mengubah banyak perilaku manusia baik dalam bersosial, berkomunikasi, bekerja dan ranah-ranah yang dengan dukungan kreatif akan bergerak cepat dan menemukan sesuatu yang baru. Pernahkah anda bergabung dengan Voip Merdeka, Telkom rakyat, yang di inisiasi Onno W Purbo dan rekan-rekan?. Seperti itulah model penggunaan tehnologi 4G, dari komputer bisa menelpon ke rumah, chat voice dan video, dan perkembangannya pasti bisa juga dilakukan dengan smartphone karena ada landasan OS di dalamnya sehingga bisa diinstall aplikasi-aplikasi yang dengan sendirinya menambahkan perluasan teknologi #ActCreative 

Keuntungan LTE adalah throughput tinggi, latency rendah, plug & play, FDD dan TDD platform sama, peningkatan pengalaman end user serta arsitektur sederhana berbiaya operasional murah. LTE mendukung konvergensi sel menara teknologi jaringan lama seperti GSM, cdmaOne, W-CDMA (UMTS), pun CDMA2000. 

Dukungan backbone yang semakin kuat, karena penggunaan fiber optik yang semakin meluas dan jika ada uang bisa pasang sendiri menuju ke rumah kita. Atau yang sudah murah seperti WiFi IEEE802.11a/b/g, namun model WiMAX IEEE802.16 penulis belum pernah mencobanya, kira-kira prinsipnya hampir sama deh. Karena teknologi komunikasi 4G LTE Advanced sebenarnya ada 4G r dan 4G e, memiliki misi sendiri-sendiri, namun dengan banyaknya investasi yang dilakukan sebelumnya masih beruntung karena sebenarnya teknologi 4G LTE (long term evolution) dapat mewadahi dan melayani device lama dari 1G hingga 3.5G, menuju ke 4G yang sebenarnya dengan tanpa harus menyentak masyarakat untuk membeli yang baru. 

Jelas saat ini provider jasa internet sedang menyiapkan infrastrukturnya sebagaimana dilakukan Telkom dengan menggunakan Palapa ring, Indosat dengan saluran kabel lautnya, maupun yang lainnya. Teknologi masa depan mengacu pada seluruh kemudahan akses, apabila kesulitan akan ditinggal, pun harus didukung dengan keterjangkauan harga karena banyaknya hardware dan software yang berkembang serta pengetahuan masyarakat yang semakin melek teknologi. Jadi jangan ketinggalan #ActCreative dimanapun kita bertempat tinggal. Dan warnailah lingkungan dengan teknologi tepat guna, murah dan bisa membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi. 


#ActCreative 

Pada teknologi komunikasi mutakhir 4G - LTE Advanced kebebasan berekspresi internet dapat terwujud bahkan mungkin lebih dari bayangan dan angan-angan kita #ActCreative. Dimana IMS - IP Media Subsystem dapat menjembatani konvergensi teknologi lama hingga telepon rumah untuk dapat bersinergi dan digunakan bersama-sama. Teknologi 4G memungkinkan kita membangun sendiri jaringan telepon dengan penomorannya sekaligus seperti di VOIP RAKYAT dan hal ini jelas sangat mengerikan bagi negara yang mengedepankan kontrol, kolot dan tidak mengabdi pada kepentingan rakyat seperti di sini, karena tanpa jasa operator kita dapat memiliki nomor telepon sendiri yang di hasilkan oleh server, kode wilayah semau kita sendiri, dan dapat di enkripsi secara privat. Plus layanan yang bersaing dengan software yang bisa dipakai dan diunduh secara bebas jika menggunakan linux atau opensource, meski ketika berhadapan dengan korporasi yang menggunakan protokol uniknya seperti bank, pemerintah dengan e-KTP, kita dapat menyesuaikan dan mengikutinya, namun kebebasan dalam membuat layanan privat sangat tidak bisa dicegah dan memungkinkan untuk digunakan sendiri atau berbasis komunitas. 

Local Network dengan dukungan backbone yang kuat, akan menjadikan interkoneksi dengan Local Network lainnya, antar kampung, antar perumahan, antar kecamatan bahkan mungkin antar kota akan menjadi irit bandwith. Koneksi lokal kota atau propinsi dapat disediakan layanan sendiri dengan bandwith hingga 1 GBPS. Saluran telepon rumah pun akan memiliki kualitas dan penomoran sendiri, akan sangat murah ketika dikelola sendiri berbasis komunitas atau per kota, dengan dihitung kepada sumbangan bersama untuk menyewa backbone koneksi fiber optik ke network di kelas atasnya. Jika direncanakan dan dikelola dengan visi yang benar dan akomodatif maka keleluasaan dan keterbatasan kecepatan akses hingga kebebasan berekspresi internet akan dapat terlampaui dengan mudah dan lebih murah dengan kualitas yang bisa diukur dan diinginkan bersama. Dengan catatan apabila regulasi negara memungkinkannya, bukan seperti yang terjadi bahwa VOIP adalah pelanggaran dan pernah dikasuskan.


Pasar, Pelibatan individu dan Jurnalisme warga

Apa yang terjadi kemudian adalah keterlibatan publik untuk memperjuangkan bagaimana menggunakan teknologi informasi, sebagaimana dijelaskan koordinator @relawanTIK mas Indriyatno @banyumurti. Jangan segan-segan untuk sharing informasi tentang kondisi teknologi informasi dan sarana pendukungnya. Bahwa tidak harus terjadi kesenjangan digital, karena dengan devices apapun nanti bisa difasilitasi untuk kepentingan bersama dan berdialektika informasi dengan sebenarnya. Sebagaimana yang diceritakan @anasir admin @jalinmerapi yang tidak mewajibkan komunitas untuk membeli smartphone untuk sharing informasi via @twiter namun konvergensi dari radio komunikasi antar penduduk 2 meteran yang dikonvergensi menjadi informasi live streaming sebagai sumber yang dapat didengarkan dengan peralatan yang terhubung dengan internet, juga untuk kemudian diketik dan di sharing dengan web, twitter ataupun media sosial lainnya yang dapat dijangkau dengan format teks, jika diperlukan pun streaming audio video dapat dengan mudah dilakukan. 

Provisioning 4G services and spectrum re-farming will provide welcome boost to the wireless infrastructure market

Sumber: Jake Saunders, VP for Forecasting, ABI Research, 4G Equipment Spending on Base Stations will Approach $3B in 2011, Microwave Journal, June 2011 edition, hal 59. 

Dilaporkan dalam Jurnal Microwave bahwa pada tahun 2015 53 persen dari total penjualan handset seluler adalah smartphone. Google Android akan merajai pasar hingga 2015 dan Windows phone menurut prediksi Stela Bakun, Senior Analyst and Practice Leader for Mobile Devices di perusahaan Pyramid Research dalam jurnal MicroWave Edisi Juni 2011 halaman 60. Potensi video streaming akan mencapai trafik lebih dari 60ribu petabytes pada tahun 2016 dan diperkirakan pada tahun 2015 video dan TV streaming akan melampaui trafik internet dan web, kata Neil Strother, Direktur ABI Research Practice, dihalaman jurnal yang sama. 

Potensi dan peningkatan wireless infrastructure dengan dukungan backbone yang memadai dan superbesar. Akan menjadikan tersedianya akses informasi skala raksasa yang bisa digunakan untuk apapun. Dalam hal ini @donnybu di Sarasehan Blogger @Jogloabang pada 9 Juli 2011, mengingatkan bahwa serangan informasi global harus seimbang, dan keterbukaan ini harus diperjuangkan dengan pengkayaan konten lokal yang akan dan harus di push agar tidak ada lagi dikotomi dan pemusatan informasi. 

Warga akan dapat dengan mudah membroadcast berita dan informasi, dalam bentuk teks hingga multimedia, demikian pula sebaliknya. Citizen Jurnalism sangat penting dengan semakin ketergantungan manusia akan informasi dan berita yang ada dalam genggaman. Siapa yang dapat membroadcast informasi maka kepada dialah dunia berterimakasih. Dunia akan semakin tergantung pada sumber informasi, dari node-node yang berjauhan informasi dapat disubmit dan diakses dari node yang lain. Negara akan ditertawakan banyak orang ketika mencoba menginjak ranah tak bertuan ini, karena hanya dengan politik Aniaya pemerintah dan negara bisa melakukan pencederaan kebebasan informasi yang benar-benar terbuka lebar dari warga untuk warga dan demi informasi. Ketertutupan informasi akan menjadi bumerang sendiri bagi negara yang melakukannya, bukan karena dia bodoh namun karena politik aniaya yang dianutnya. 


Teknologi yang Terintegrasi

Bahwa kemudian fasilitas storage data akan menjadi bisnis atau layanan yang harus dilakukan. Cloud Computing otomatis dilakukan dengan nyaman. ID seseorang akan terintegrasi dalam satu akun, dan bisa dilakukan untuk apapun sepanjang dapat diotorisasi. ISP-ISP akan berkembang menjadi penyedia layanan server yang semakin rumit, dan provider telekomunikasi harus berkejaran hebat dalam memperkaya servis dan menjadi penyedia backbone yang sangat penting. Belum lagi riset tentang penyimpan data sekaligus device yang terbuat dari kaca dan mampu menyimpan data besar. Mungkin dalam sepuluh tahun baru teknologi komunikasi dapat berjalan penuh seiring dengan konvergensi yang mampu dilakukan dan diwadahi dengan spektrum analizer RF yang harganya mungkin akan semakin terjangkau demi kepentingan perusahaan maupun komunitas. Integrasi multimedia dan global positioning sistem akan mudah diakses dalam bentuk 3D.


Source :
Google

0 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar — or Kembali ke Postingan