Pengertian , manfaat , contoh dari Inovasi SI dan Teknologi Informasi Modern

Bagikan ke Teman! :



Yap , sesuai judul. Saya akan membahas Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern.
Sebelumnya kita harus tau apa itu Sistem Informasi dan Teknologi Informasi itu sendiri.


Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Yah singkatnya saya bisa ambil kesimpulan sederhana banget hehe , sebuah sistem yang menghasilkan informasi. Karena sesuai tujuan adanya SI ini adalah ya itu , menghasilkan informasi.

Sedangkan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Sudah terbayang bukan , kalau SI itu sebuah sistemnya untuk menghasilkan informasi sedangkan TI itu teknologi untuk membuat,menyimpan, mengkomunikasikan informasi.

Pengertian Inovasi dalam teknologi modern adalah memperkenalkan tentang sesuatu teknologi yang baru yang berupa pelayanan,cara-cara penggunaan dan jenis-jenis teknologi.

Lalu pengertian Inovasi dalam Sistem Informasi modern adalah memperkenalkan tentang sistem baru untuk menghasilkan informasi atau cara baru dalam menghasilkan informasi.

Masuk kebagian Manfaat dari Inovasi SI dan Teknologi Informasi itu sendiri

1. Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated teller machine dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien.

3. Membangun Sumber-sumber Informasi Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users. Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk membuat basis informasi strategis (strategic information base) yang dapat menyediakan informasi untuk mendukung strategi bersaing perusahaan. Informasi ini merupakan aset yang sangat berharga dalam meningkatkan operasi yang efisien dan manajemen yang efektif dari perusahaan.

Untuk contoh2 dari Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern sudah banyak.

Saya ambil yang ada di dalam kehidupan sehari hari saja.

  • Sosial Media , siapa yang tidak tahu sosial media. Untuk saat ini , penggunaan sosial media hampir ya , saya mengatakan hampir berarti tidak semua. Hampir semua orang yang bisa menggunakan internet pasti punya Sosmed , tak bisa dipungkiri lagi sosmed menjadi berita nomer 1 untuk anda-anda yang malas baca koran atau sekedar mengganti channel tv anda ke channel berita. Semua informasi yang anda butuh kan bisa didapatkan di sosmed , nah yang trending sekarang adalah informasi HOAX atau berita HOAX. Untuk itu kita harus lebih cermat lagi dalam mempercayai suatu informasi atau berita. Tidak bisa langsung percaya , because this is internet dude. Apa saja bisa dimodifikasi apa saja bisa terlihat benar , yang terlihat salah bisa menjadi benar. Jadi apa yang harus kita lakukan? Lebih mencari tahu saja apakah berita itu valid atau tidak
  • Pelayanan Publik berbasis Internet , seperti ATM ,e-government dll. Yang saya tahu itu
  • Smartphone atau Gadget , android sekarang menjadi nomer 1 di dunia. Mulai dari harga yang 200ribuan hingga yang sama seperti harga motor. Mulai dari yg kameranya hanya sebatas foto tugas kuliah atau foto pemandangan hehe. Atau RAM yang awalnya hanya untuk membaca tugas sampai sekarang untuk main game , ya semua itu karena perkembangan atau inovasi manusia sesuai kebutuhan mereka.
Sumber :
Pemikiran sendiri dan berbagai sumber.
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi


1 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Unknown mengatakan...

tulisannya lengkap, blognya pun menarik. ditunggu tulisan selanjutnya ya. ;)

Posting Komentar — or Kembali ke Postingan