Pentingnya Bahasa Inggris di dalam Dunia IT dan Sistem Informasi

Bagikan ke Teman! :


Sebagai bahasa universal, penggunaan dan pembelajaran Bahasa Inggris menjadi suatu hal yang mutlak dipelajari bagi seseorang dalam merespon dan menghadapi tantangan yang muncul pada abad ke-21 ini.

Sebagai alat komunikasi, bahasa Inggris telah digunakan oleh sekitar 400 juta orang dari negara yang berbahasa Inggris dan 600 juta hingga satu milyar orang dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka. Selain itu, hampir 80% komunikasi bisnis di seluruh dunia pun menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Hampir semua konferensi internasional dan kompetisi menggunakan bahasa Inggris bahkan, para politisi dan diplomat dari negara yang bukan berbahasa Inggris pun berkomunikasi dengan bahasa universal tersebut mengingat bahasa itu merupakan bahasa utama dari organisasi internasional dan bisnis.

Pada abad 21 ini, aspek informasi dan teknologi berkembang sangat pesat. Salah satu produk teknologi yaitu internet, misalnya telah menggunakan bahasa Inggris pada lebih dari satu milyar halamannya untuk  memberikan informasi dalam websitenya. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal, tak sekadar bagi manusia, namun juga pada internet. Bahasa ini telah memberikan kesempatan bagi manusia untuk mengakses informasi dalam internet tersebut.

Dalam dunia bisnis sendiri penting sekali untuk kita memiliki kemampuan menguasai Bahasa inggris,  kita memiliki asset yang sangat berharga untuk kita jadikan portofolio sehingga mampu menarik para rekan bisnis kita. Kita mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam hal pekerjaan. Di Indonesia sendiri Bahasa inggris sudah mulai menjadi kebutuhan yang vital demi proses transisi dari negara berkembang ke negara maju rakyat Indonesia harus sadar bahwasannya Bahasa inggris menjadi hal yang utama ketika ingin berkomunikasi dengan dunia luar.

Teknologi Informasi yang beroperasi saat ini umumnya menggunakan Bahasa inggris untuk pengoperasiannya sehingga kita sebagai user sajapun harus mampu minimal menguasai Bahasa inggris secara passive dalam mengoperasikan teknologi yang kita gunakan tersebut dengan baik dan benar nantinya. Apalagi kita sebagai para pengembang ( developer ) butuh banyak sekali pengetahuan tentang Bahasa Inggris Science karena banyak diksi atau kosakata yang harus kita kuasai ketika kita akan mendevelop suatu program. Dikarenakan pentingnya penggunaan Bahasa inggris disegala aspek teknologi informasi maka kita di “wajibkan” untuk belajar dan membiasakan diri dalam penggunaan Bahasa inggris sehari-hari untuk berkompetisi di era globalisasi ini.

0 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar — or Kembali ke Postingan