Intelligent Tutoring System

Bagikan ke Teman! :


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat juga telah merambah bidang pendidikan dan pengajaran. Penggunaan pembelajaran berbasis komputer dalam pembelajaran telah diteliti dan memberikan dampak positif dalam pembelajaran. Salah satu pembelajaran berbasis komputer yang saat ini masih terus dikembangkan adalah Intelligent Tutoring System (ITS) yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran berbasis komputer sebelumnya yang belum memperhatikan keberagaman pelajar. ITS merupakan sebuah aplikasi computer yang dibuat untuk meniru mimik manusia dalam memberikan materi pengajaran. ITS menggunakan pendekatan one-to-one. ITS merupakan sistem yang cerdas karena memiliki komponen kecerdasan buatan. Yang membuat Aplikasi ITS atau Intelligent Tutoring System ini disebut sistem yang cerdas karena ITS ini sendiri dibuat menurut kemampuan dan karakteristik unik setiap pelajar. Sehingga sistem pengajar berbantuan komputer ini dapat menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan karakteristik pelajar tersebut. Aplikasi ITS ini juga bersifat interaktif dan memberikan feedback antara pelajar dengan sistem.

Bentuk umum atau cara kerja aplikasi ITS adalah pertama User. Pengguna dari program, atau sasaran ajar dari ITS. Pengguna ini berhubungan dengan ITS dengan menggunakan media interface. User disini menggunakan program Modern untuk membantunya memahami sebuah mata pelajaran. Lalu untuk Interface , media yang digunakan sebagai penghubung antara pengguna dan ITS, seperti alur data, komunikasi, dan visualisasi ITS ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHPMySQL. Ketiga ada Modul Pakar. Bagian ini yang nantinya akan diisi oleh program Sistem Pakar (SP) yang bekerja layaknya seorang pakar/ahli. Di dalam SP berisi rule base pengetahuan dari Pakar yang sesungguhnya. Cara kerja dari Sistem Pakar ini adalah menjawab pertanyaan dari pengguna yang terkait dengan materi yang sedang disampaikan sehingga tercipta kesan seolah-olah ada Tutor/Guru/Dosen yang sedang mendampingi proses belajar. Rule base pengetahuan SP ini bisa diubah sesuai kebutuhan. Kemudian Karakteristik Siswa/Pelajar. Bagian ini berisi data diri pengguna yang berfungsi sebagai login ketika akan menggunakan Aplikasi. Terakhir yaitu Database Materi. Berisi kumpulan materi yang akan diajarkan. Admin bisa menambah materi yang akan diberikan kepada user sesuai kebutuhan.


Untuk membuat sistem atau aplikasi yang lebih cerdas dari manusia saya rasa belum bisa karena bila dilihat dari ITS itu sendiri. Mesin atau sistem yang dibuat menggunakan kecerdasan atau knowledge berdasarkan manusia itu sendiri. Sehingga pembelajaran yang diberikan sistem pengajar berbantuan komputer ini , masih sebatas pengetahuan manusia. Aplikasi ITS ini juga masih belum mampu berkembang sendiri , seperti mengakomodasi masalah keberagaman dan kemampuan peserta ajar secara individu. Sehingga keterbatasan ini yang masih menjadi kendala atau kekurangan untuk aplikasi Intelligent Tutoring System. Banyak ahli pendidikan yang mengatakan peran pendidik tidak bisa diabaikan dalam dunia pendidikan. Teknologi  atau sistem yang ada hanya bisa digunakan untuk membantu pelaksanaan pengajaran menjadi lebih menarik dan inovatif. Walaupun ITS bisa dikatakan sedemikian canggih dan mampu untuk menggantikan peran tutor, namun interaksi guru dan murid tetap saja diperlukan.




Sumber :
Jaidan Jauhari and Mohammad bin Ibrahim, Juli 2010, "Intelligent Tutoring System sebagai Upaya Inovatif dalam Pembelajaran untuk Pembelajaran Berbantuan Komputer". Generic Jurnal. Volume 5, No.2. http://journal.portalgaruda.org/index.php/generic/article/view/116, Juli 2010.

0 komentar — Skip ke Kotak Komentar

Posting Komentar — or Kembali ke Postingan