Intelligent Tutoring System
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat juga
telah merambah bidang pendidikan dan pengajaran. Penggunaan pembelajaran
berbasis komputer dalam pembelajaran telah diteliti dan memberikan dampak
positif dalam pembelajaran. Salah satu pembelajaran berbasis komputer yang saat
ini masih terus dikembangkan adalah Intelligent Tutoring System (ITS)
yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran berbasis komputer
sebelumnya yang belum memperhatikan keberagaman pelajar. ITS merupakan sebuah
aplikasi computer yang dibuat untuk meniru mimik manusia dalam memberikan
materi pengajaran. ITS menggunakan pendekatan one-to-one. ITS
merupakan sistem yang cerdas karena memiliki komponen kecerdasan buatan. Yang
membuat Aplikasi ITS atau Intelligent Tutoring System ini
disebut sistem yang cerdas karena ITS ini sendiri dibuat menurut kemampuan dan
karakteristik unik setiap pelajar. Sehingga sistem pengajar berbantuan komputer
ini dapat menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan karakteristik pelajar tersebut.
Aplikasi ITS ini juga bersifat interaktif dan memberikan feedback antara
pelajar dengan sistem.
Bentuk umum atau cara kerja aplikasi ITS adalah pertama User.
Pengguna dari program, atau sasaran ajar dari ITS. Pengguna ini berhubungan
dengan ITS dengan menggunakan media interface. User disini menggunakan program
Modern untuk membantunya memahami sebuah mata pelajaran. Lalu untuk Interface ,
media yang digunakan sebagai penghubung antara pengguna dan ITS, seperti alur
data, komunikasi, dan visualisasi ITS ini dibuat dengan bahasa pemrograman
PHPMySQL. Ketiga ada Modul Pakar. Bagian ini yang nantinya akan diisi oleh
program Sistem Pakar (SP) yang bekerja layaknya seorang pakar/ahli. Di dalam SP
berisi rule base pengetahuan dari Pakar yang sesungguhnya.
Cara kerja dari Sistem Pakar ini adalah menjawab pertanyaan dari pengguna yang
terkait dengan materi yang sedang disampaikan sehingga tercipta kesan
seolah-olah ada Tutor/Guru/Dosen yang sedang mendampingi proses belajar. Rule
base pengetahuan SP ini bisa diubah sesuai kebutuhan. Kemudian
Karakteristik Siswa/Pelajar. Bagian ini berisi data diri pengguna yang
berfungsi sebagai login ketika akan menggunakan Aplikasi. Terakhir yaitu
Database Materi. Berisi kumpulan materi yang akan diajarkan. Admin bisa menambah
materi yang akan diberikan kepada user sesuai kebutuhan.
Untuk membuat sistem atau aplikasi yang lebih cerdas dari manusia
saya rasa belum bisa karena bila dilihat dari ITS itu sendiri. Mesin atau
sistem yang dibuat menggunakan kecerdasan atau knowledge berdasarkan
manusia itu sendiri. Sehingga pembelajaran yang diberikan sistem pengajar
berbantuan komputer ini , masih sebatas pengetahuan manusia. Aplikasi ITS ini
juga masih belum mampu berkembang sendiri , seperti mengakomodasi masalah
keberagaman dan kemampuan peserta ajar secara individu. Sehingga keterbatasan
ini yang masih menjadi kendala atau kekurangan untuk aplikasi Intelligent
Tutoring System. Banyak ahli pendidikan yang mengatakan peran pendidik
tidak bisa diabaikan dalam dunia pendidikan. Teknologi atau sistem yang
ada hanya bisa digunakan untuk membantu pelaksanaan pengajaran menjadi lebih
menarik dan inovatif. Walaupun ITS bisa dikatakan sedemikian canggih dan mampu
untuk menggantikan peran tutor, namun interaksi guru dan murid tetap saja
diperlukan.
Sumber :
Jaidan Jauhari and Mohammad bin Ibrahim, Juli 2010, "Intelligent Tutoring System sebagai Upaya Inovatif dalam Pembelajaran untuk Pembelajaran Berbantuan Komputer". Generic Jurnal. Volume 5, No.2. http://journal.portalgaruda.org/index.php/generic/article/view/116, Juli 2010.
0 komentar — Skip ke Kotak Komentar
Posting Komentar — or Kembali ke Postingan